Catatan Materi Bahasa Indonesia

Catatan Materi Bahasa Indonesia

Kamis, 14 Januari 2010

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Drama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : XII / II (Dua)
Alokasi waktu : 4 x 40 Menit 2x Pertemuan

A. Standar Kopetensi
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama

B. Kopetensi dasar
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
C. Tujuan pembelajaran
1. Setelah guru menjelaskan mengenai drama, siswa dapat memahami unsur intrinsik dalam naskah drama.
2. Setelah mendengarkan pembacaan naskah drama, siswa dapat menangkap dan mengetahui unsur intrinsik dalam naskah drama tersebut.
3. Siswa dapat mengungkapkan kembali unsur intrinsik drama dengan bahasa sendiri dan tepat.
D. Materi pokok.
Teks drama, Unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)

Langkah-langkah pembelajaran.
TAHAP KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi) o Guru memeriksa kesiapan siswa dalam menerima materi yang akan disampaikan kemudian mengabsensi siswa.
o Guru bertanya jawab dengan siswa tentang drama.
o Guru menyampaikan tujuan pembelajaran


INTI Pertemuan ke-1
o Guru memutar rekaman cuplikan sinetron remaja yang sedang populer.
o Guru menanyakan siapa saja siswa yang mengikuti cerita sinetron tersebut. Kepada siswa yang menonton, guru mengajukan sejumlah pertanyaan seputar isi ceritanya: siapa tokoh utama, karakternya, tema, amanat, latar cerita, dsb.
o Guru memberikan gambaran awal mengenai drama
o Guru menyatakan bahwa dalam cerita sinetron, film, drama, dan cerita fiksi lain selalu memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik.
o Guru menjelaskan secara lengkap unsur intrinsik drama.
Pertemuan ke-2
o Siswa menyimak pembacaan teks drama yang dilakukan oleh siswa yang ditunjuk oleh Guru.
o Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi cerita drama yang disampaikan secara lisan oleh Guru.
o Siswa saling menukarkan pekerjaan /jawabannya untuk diperiksa secara silang di bawah bimbingan Guru.
PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
o Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
o Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
o Guru menyampaikan tugas mandiri untuk menyaksikan suatu cerita sintron/drama di radio atau televisi dan mengungkap unsur-unsur intrinsiknya.



Indikator
1. Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
2. Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar

Penilaian
Teknik dan Bentuk


15 % Tes Lisan
15 % Tes Tertulis
25 % Observasi Kinerja/Demontrasi
25 % Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
10 % Pengukuran Sikap
10 % Penilaian diri

Instrumen / soal Tugas untuk mendengarkan pembacaan teks drama
Tugas untuk menganalisis dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita drama
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari





Mengetahui, , 2010
Kepala SMAN Guru Mata Pelajaran




……………………….. Saeful Ma’ruf, S.Pd.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Semester : XII / II (Dua)
Alokasi waktu : 6 x 40 Menit 3x Pertemuan

A. Standar Kopetensi
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama

B. Kopetensi dasar
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama

C. Tujuan pembelajaran
• Setelah guru menjelaskan mengenai drama, siswa dapat memahami unsur intrinsik dalam naskah drama.
• Setelah membaca naskah drama yang ditugaskan oleh guru, siswa dapat menangkap dan mengetahui unsur intrinsik dalam naskah drama tersebut.
• Siswa dapat menyimpulkan isi naskah drama sesuai dengan ko teks.

D. Materi pokok.
Teks Drama
• Simpulan isi drama






Langkah-langkah pembelajaran
TAHAP KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi) Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai unsur intrinsik dalam naskah drama yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengaitkan dengan pengalaman siswa.
Guru mengkondisikan siswa untuk belajar dan bekerja kelompok.
Pertemuan ke-1
Siswa membentuk kelompok dan membaca teks drama yang telah disarankan oleh guru .
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi cerita drama yang disampaikan secara lisan oleh Guru.
Guru mengulas lebih mendalam dua unsur intrinsik, yaitu alur dan konflik.

Pertemuan ke-2
Siswa berdiskusi kelompok untuk mengungkap alur dan jenis konflik yang ada dalam drama yang didengarkan.
Guru mengamati kinerja siswa dalam mengikuti diskusi kelompok dan membuat catatan penilaian
Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi.
Guru memberikan ulasan dan komentar terhadap hasil presentasi semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya.

Pertemua ke-3
Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi.
Guru memberikan ulasan dan komentar terhadap hasil presentasi semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya.

PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi) Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran.


Indikator
• Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
• Menyampaikan simpulan isi teks drama
• Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan

Penilaian
Teknik dan Bentuk


15 % Tes Lisan
15 % Tes Tertulis
25 % Observasi Kinerja/Demontrasi
25 % Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
10 % Pengukuran Sikap
10 % Penilaian diri

Instrumen / soal Tugas untuk mendengarkan pembacaan teks drama
Tugas untuk menganalisis dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita drama
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari


Mengetahui, , 2010
Kepala SMAN Guru Mata Pelajaran

……………………….. Saeful Ma’ruf, S.Pd.

2 komentar:

  1. Wah terimakasih, sangat membantu sekali gan buat tugas kuliah saya.

    BalasHapus
  2. soal nya ada nga buk

    BalasHapus